Senin, 14 Januari 2019

Cara Pemangkasan Kakao Yang Baik


Pemangkasan adalah salah satu teknik budidaya yang sangat penting dalam mengatur iklim mikro yang tepat untuk pertumbuhan bunga dan buah dan mengatur jumlah dan sebaran cabang serta daun. Bagian-bagian tanaman yang sangat berkaitan dengan hasil buah adalah daun, cabang dan akar tanaman. sehingga pada dasarnya pemangkasan dilakukan untuk memaksimumkan laju fotosintesis.

Pemangkasan adalah Kegiatan memotong atau menghilangkan beberapa bagian tanaman. 
Dalam suatu kebun hal ini biasanya berkaitan dengan pemotongan bagian-bagian tanaman yang berpenyakit, tidak produktif, atau yang tidak diinginkan. Secara alami, kondisi-kondisi alam seperti angin, salju, atau kabut dari air laut dapat mengakibatkan pemangkasan alami. 
Tujuan dari pemangkasan adalah untuk membentuk tanaman dengan cara mengontrol atau mengarahkan pertumbuhan tanaman, untuk menjaga kesehatan tanaman, atau untuk meningkatkan hasil atau kualitas buah atau bunga yang dihasilkan.
Secara Umum Tujuan Pemangkasan Tanaman Kakao adalah
1. memaksimalkan unsur hara diserap oleh tanaman
Prinsipnya adalah Mencegah tanaman kehilangan nutrisi pada saat fase pertumbuhan vegetatif dan generatif
2. menjaga kesehatan Tanaman Kakao
Bagian-bagian tanaman seperti cabang, daun bahkan batang dan buah Kakao jika sudah tidak produktif ataupun terinspeksi Hama dan Penyakit, wajib untuk dipangkas.
3. Menjaga kelembapan tanaman sehingga siklus hidup Hama dan penyakit terputus.
Pada kelembapan yang tinggi merupakan 'hotel' bagi hama dan Penyakit. efeknya akan menyebabkan perkembangan Hama dan Penyakit semakin Besar.
4. Membentuk kerangka Tanaman yang kokoh
Biasanya ini berkaitan erat dengan Pemangkasan Bentuk, dilakukan dengan mengatur pertumbuhan cabang-cabang ataupun jorket tanaman kakao sehingga lebih seimbang dan kokoh
5. Menjaga pertumbuhan tanaman dan membentuk organ-organ tanaman yang baru seperti daun, cabang dan bunga. Ini adalah tujuan utama pemangkasan pemeliharaan dan produksi.
UNTUK SELENGKAPNYA BISA DILIHAT PADA VIDEO BERIKUT;

Cara Pemangkasan yang baik dibagi berdasarkan jenis pemangksan yang akan dilakukan terhadap tanaman kakao
1. Pemangkasan bentuk
Pemangkasan dilakukan pada tanaman yang berumur kurang dari tahun. saat ini, pemangkasan bentuk yang sering dilakukan adalah tanaman klonal.
Diawali dengan Topping tanaman setelah umur 3-4 bulan setelah tanam, 
selanjutnya mengatur cabang primer yang tumbuh hingga menyisakan 2-3 cabang primer.
Membuang cabang-cabang sekunder yang tumbuh lebih dekat percabangan utama biasanya sekitar 20 cm dari percabangan
mengatur cabang-cabang sekunder yang tumbuh dengan cara zigzag
mengatur tinggi tanaman maksimal 4 meter.
2 Pemangkasan Pemeliharaan
dilakukan dengan cara membuang cabang-cabang yang tidak produktif, cabang sakit, dan wiwilan serta beberapa cabang-cabang lainnya. tetapi biasanya yang harus dikontrol sepenuhnya adalah pertumbuhan tunas Air (Wiwilan)
3. pemangkasan Produksi
sesuai dengan namanya pemangkasan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan produksi tanaman. pada dasarnya pemangkasan ini adalah pemangkasan pemeliharaan juga. sehingga terkadang hanya diseutkan sebagai pemangkasan peeliharaan saja.




====================================================================================
SEMOGA BERMANFAAT
====================================================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar