Senin, 14 Januari 2019

PRINSIP PEMANGKASAN TANAMAN KAKAO

Bagaimana prinsip pemangkasan dilakukan terhadap tanaman kakao, dan bagaimana mencegah kekeliruan dalam pemangkasan tanaman kakao? berikut adalah prinsipnya;
1. Jorket jangan terlalu terbuka.
jorket yang terbuka disebabkan oleh pemangkasan yang terlalu terbuka dibagian tajuk tanaman. jika jorket terbuka mengakibatkan sel-sel kulit tanaman kering, sehingga mengakibatkan bantalan bunga dan cabang menjadi rapuh.
2. Lakukan pemamgkasan bentuk sebelum cabang tanaman membesar, sebelum umur tanaman 3 tahun.
jika terlambat dalam melakukan pemangkasan bentuk pada tanaman kakao, khususnya tanaman klonal. maka jumlah cabang primer yang keluar dari percabangan akan sangat banyak. hal ini akan menyebabakan keseimbangan tanaman terganggu. akan tetapi jika sudah melewati 3 tahun, cabang-cabang primer yang tumbuh akan memebesar sehingga perlu hati-hati dalam mengatur cabang primr yang dipertahankan, sebaiknya lakukan secara bertahap dalam 2-3 bulan sehingga tanaman tidak stress. resiko yang terjadi jika diakukan serentak, justru menyebabkan tumbuhnya tunas-tunas baru yang lebih banyak.
3.Hindari pemangkasan kakao ketika tanaman kakao dominan sedang berbunga.
kondisi tanaman yang sedang berbunga, akan membutuhkan nutrisi yang sangat besar untuk bisa menjadi buah. jika nutrisi yang cukup makan bungan akan bertahan hingga membentuk buah pentil. selain dari tunas air, jangan melakukan pemangkasan karena akan menghambat pertumbuhan bunga.
simak di video ini!

4.pemangkasan adalah menjada keseimbangan tanaman dalam pertumbuhannya
Prinsip paling penting dalam keberlanjutan pertumbuhan tanaman adalah menjaga keseimbangan, sehingga pertimbangkan dengan matang cabang-cabang yang akan dipangkas, prediksi pertumbuhan cabang dan arahnya karena jika keliru butuh waktu yang lama untuk mengatur kembali pertumbuhan tanaman yang seimbang.
5. waktu pemangkasan yang tepat
pemangkasan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi curah hujan setempat, yang ideal adalah pada awal dan akhir musim hujan. selain dari kondisi tersebut bisa menyebabkan tanaman stress jika pada puncak musim kemarau, dan pada musim hujan akan semakin memacu pertumbuhan tunas yang sangat agresif sehingga nutrisi semakin tidak seimbang. untuk tunas air tetap dilakukan pemangkasan.

==================================================================================
PETANI PAHLAWAN KEMANUSIAAN
==================================================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar