Senin, 25 Maret 2019

Ara, Tumbuhan yang memiliki perasaan, dan mampu balas dendam

Ara (Ficus racemosa) atau cluster fig tree merupakan tanaman yang masuk kedalam suku  Moraceae yang berasal daridaerah kepulauan di Asia Tenggara.Nama lokal pohonara di beberapa daerah berbeda-beda, antara lain; elo (Jawa), danloa (Sunda), Duajeng (Sulawesi).
Pohon ini banyak tumbuh di pinggir sungai, celah-celah batu, bahkan di dinding tembok yang pecah pun pohon ini masih dapat tumbuh dengan baik. siapa sangka pula kalau Ara juga memiliki sifat unik yakni kelakuan pendendamnya yang bikin peneliti bingung.

Pohon ara memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah buahnya yang merupakan sumber pakan bagi para hewan. Serangga, kelelawar, monyet dan binatang lainnya menjadikan pohon Ara sebagai pakan utamanya. Buahnya juga biasa dijadikan umpan pancing ikan. Selainitu, pohon ara merupakan obat bagi segala macam penyakit.
Kita tahu bahwa setiap tanaman saling membutuhkan satu sama lain dengan serangga. Serangga memakan buahnya atau menghisap nektar dari pohon, sebagai gantinya serangga harus menyalurkan benang sari dari bunga ketanaman lain. Namun  apa jadinya bila seekor serangga hanya mementingkan dirinya sendiri dengan memakan buahnya saja? Sebagian pasrah, namun tidak untuk tanaman yang satu ini. Jika seekor tawon hanya memakan buah ara tanpa melakukan tugasnya, maka mereka akan menerima pembalasan yang setimpal.
Ya, pohon ara akan membunuh keturunan tawon-tawon tersebut dengan menjatuh kan buah-buahnya. Kejadian ini bukan kebetulan melainkan memang kesengajaan. Ini bukti kalau ternyata tumbuhan juga memiliki perasaan.







==================================================================================
PETANI PAHLAWAN KEMANUSIAAN
==================================================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar